Wahai Tulang Rusukku Yang Bengkok





Wanita seperti yang saya dan Anda ketahui, tercipta dari tulang rusuk yang bengkok. Ini berdasarkan dari sabda Rasulullah Alaihi Wasallam:

Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi)

Hadits ini menganjurkan Anda untuk memperilakukan wanita dengan baik, karena perilaku wanita kadang sulit sekali untuk di perkirakan. Wanita sering kali menggunakan perasaannya dibandingkan akalnya, maka dari itu wanita lebih gampang meledak emosinya di bandingkan laki-laki yang masih menggunakan akalnya sehingga mereka mampu mengendalikan perasaannya. Ini terkait dengan hadits :

Aku tidak melihat orang- orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bisa menghilangkan akal laki- laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita). (HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

Penjelasan hadits di atas menjelaskan bahwa persaksian dua wanita sama dengan persaksian satu pria, artinya wanita tetap harus di dampingi dengan wanita yang lain agar tidak mudah untuk memalingkan dirinya atas syariat karna terpengaruh oleh perasaannya.

Sahabat, sudah menjadi tugas para laki-laki, entah itu ayah, suami ataupun saudara laki-laki agar mampu melindungi dan tidak mendzolimi wanita. Memberikan hak-haknya sebagai seorang muslimah dan mengarahkan mereka pada kebaikan. Karena sudah menjadi fitrahnya, kebengkokan itu yang akan membawa wanita pada keburukannya.

Maka Anda harus paham, ketika Anda bersikap keras padanya, yang akan Anda dapatkan adalah kepatahan hatinya yang membuat mereka terdzolimi, atau mungkin saja mereka akan lari dari Anda sehingga mereka tak patuh terhadap Anda. Sedangkan apabila mereka dibiarkan tetap bengkok, mereka akan sulit untuk mencari jalan meluruskan kebengkokan dirinya yang kadang sangat melemahkan sehingga muncullah keburukan terhadap dirinya. So.. Jadilah laki-laki yang mampu mengendalikan mereka dalam nasihat yang baik, yang membuat mereka nyaman di samping Anda.

Mengapa dari tulang rusuk yang bengkok ?? Bukannya masih ada tulang yang lurus ??

Justru di sini lah letak keadilan Allah, andai saja tulang rusuk itu lurus, dada Anda akan merasakan sesak luar biasa. Karna itu terbentuklah tulang yang bengkok agar Anda terasa nyaman. Begitu juga dengan wanita, mereka tercipta agar membuat Anda merasa nyaman dengan mereka.

Coba lihat tulang rusuk itu, dia menjadi penopang dada dan memperkuat kerangka tubuh. Begitu pula dengan wanita,mereka sebagai penopang diri Anda agar Anda terbebas dari maksiat dan menjadi kekuatan keluarga,agar keluarga Anda terlindungi dengan baik.

Bengkoknya wanita bukan karna hanya berdasarkan kelemahannya saja,tapi juga menjadi kekuatan bagi Anda, pelindung bagi Anda, juga sebagai penopang pribadi Anda. Maka dari itu,jagalah mereka agar tidak patah,agar mereka bisa menjalani tugasnya sebagai seorang istri, ibu, ataupun sebagai seorang muslimah.

Wanita tidak di ciptakan dari tulang kepala laki-laki, agar mereka tidak merasa menjadi pemimpin bagi laki-laki sehingga mereka tunduk dan patuh terhadap laki-laki. Wanita tidak di ciptakan dari tulang kaki laki-laki, agar mereka tidak merasa d injak-injak ataupun merasa tidak di hargai, sehingga mereka mampu menjadi kekuatan bagi laki-laki. Wanita di ciptakan dari tulang rusuk yang dekat dengan hati, agar mereka merasa di cintai, sehingga mereka mampu menjaga diri Anda untuk tetap mencintai Allah Subhanahu Wa Taala.

Jadikanlah wanita sebagai pengantar dan akan menyertai Anda sampai JannahNya.

Wallahualam Bi Shawwab.

Follow On Twitter