Inilah Suka & Duka Menjadi Fotografer Wanita



Inilah Suka & Duka Menjadi Fotografer Wanita [ www.BlogApaAja.com ]

Berprofesi sebagai fotografer juga samaseperti profesi lainnya yang memiliki suka dan duka. Pekerjaan yang umumnyabanyak digeluti oleh pria ini, justru dijalankan oleh dua wanita muda yangcantik, Andra Alodita dan Nurulita Adriani Rahayu.

Belum lama ini, Wolipop berkesempatan untukmewawancarai mereka. Keduanya dengan senang hati menceritakan berbagai macampengalaman, hingga suka dan dukanya menjadi seorang fotografer.

Andra saat ditemui Wolipop di kawasan CilandakTengah, mengaku bahwa profesinya sebagai seorang fotografer di bidang fashiondan wedding, membuat ia memiliki banyak pengalaman yang menarik. Bahkan, iamerasa lebih banyak mendapat sukanya, ketimbang dengan dukanya.

"Sukanya karena aku suka jalan-jalan,suka kuliner, aku suka ketemu orang baru, mendapat experience baru, aku sukabelajar, jadi lebih banyak sukanya. Kalau dukanya sih paling lebih ke moodnyaatau kadang-kadang kita lagi enak-enak foto, terus tiba-tiba ada yang datanglalu ngeremehin dan nanya "eh alat lo cuma itu aja?"," papar wanitakelulusan Universitas Pelita Harapan (UPH) jurusan Desain Komunikasi Visualitu.

Merasa kesal karena diremehkan orang, tidakmembuat Andra putus asa. Justru ia menganggap omongan orang itu sebagaimotivasi untuknya.

"Kadang-kadang nih kalau foto wedding didepan pelaminan, orang suka "hah kok fotografernya perempuan ya? Dan dia kokdress up bukan perempuan tomboy". Kadang-kadang tuh yang melekat di kepalaorang fotografer perempuan itu pasti tomboy, yang pakai celana gombrong, bajugombrong, sedangkan aku tuh enggak. Aku pinginnya perempuan banget. Jadisebalnya karena itu saja. Tapi itu juga jadi motivasi aku juga sih,"tambah Andra.

Berbeda pula dengan Nurulita, wanita yang yangmemiliki hobi membaca komik itu justru menjadikan modal yang besar sebagaidukanya selama berprofesi sebagai fotografer.

"Ternyata fotografer yang terjun ke duniakomersil itu memang butuh modal besar, sampai harus menguras tabungan untukmodal. Jadi kalau dukanya sih itu. Di bidang mana pun pasti gede modalnya, tapiaku enggak nyangka fotografer komersil tuh modalnya tinggi," jelasNurulita saat ditemui Wolipop di studionya yang berlokasi di Jalan Bangka,Kemang Utara, Jakarta.

Dianggap remeh oleh orang lain tidak hanyadialami oleh Andra saja, Nurulita pun juga mengalami hal yang sama."Pernah di underestimate, cuma itu jarang hanya beberapa kali aja,"jelas wanita kelahiran 1976 itu.


Follow On Twitter