Alasan Kenapa Kucing Tidak Bisa Jatuh Terbalik



Alasan Kenapa Kucing Tidak Bisa Jatuh Terbalik [ www.BlogApaAja.com ]

mungkin pernah lihat kucing yang jatuh daritempat tinggi kemudian membalik tubuhnya dan bisa mendarat dengan mulus dantidak mengalami cedera. Kenapa bisa? Hal ini terjadi karena kucing (danbeberapa hewan lain) punya sistem keseimbangan dan koordinasi yang luar biasa.

Sistem inilah yang membuat kucing, ketikajatuh, akan menyadari dalam posisi apa dia jatuh. Kalau dia jatuh dalam posisiterbalik, dia akan segera memutar tubuh sehingga kakinya berada di sebelahbawah, dan bersiap untuk mendarat.

Mendaratnya juga tidak asal meregangkan kaki.Kalau manusia jatuh dari tempat tinggi dengan kaki ke bawah, biasanya pastipatah kan. Kalau kucing pinter, mereka setelah memutar kaki ke bawah, segerameregangkan kakinya sehingga angin menahan jatuh tubuhnya. Dan saat bersentuhandengan tanah, kakinya langsung ditekuk supaya mengecilkan efek jatuhnya.

Alasan Kenapa Kucing Tidak Bisa Jatuh Terbalik [ www.BlogApaAja.com ]

Rekor tertinggi pernah mencatat bahwa kucingpernah jatuh dari ketinggian lantai 46 tingkat (walaupun sambil jatuh diasempat mantul-mantul ke kanopi) dan tetap bisa bangun dan berjalan dengan agakterpincang, luar biasa kan.

Kalau manusia kemungki mati tuh. Tapipenelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kucing jatuh, makin banyaktulangnya yang patah. Itu bisa terjadi hanya jika ia terjatuh minimal dari bataslantai 5 tingkat saja. Lebih dari itu, jumlah tulang kucing yang patah menurundrastis, apalagi kalo semakin tinggi.

Nah rahasianya adalah, kucing (dan beberapahewan lainnya) punya apa yang disebut dengan terminal velocity, yaitu kecepatanjatuh maksimum yaitu 60 mil perjam. Saat kucing jatuh, sesuai hukum fisika,kecepatan jatuh si kucing makin bertambah.

Ternyata, saat kecepatan jatuh kucing mencapaiterminal velocity, di saat itulah kucing merasa paling rileks dan nyaman. Makadia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efekjatuhnya.

Nah itulah sebabnya makin tinggi dia jatuh,makin ada kesempatan untuk dia merasa rileks. Itu juga sebabnya kalau dijatuhindari tempat yang rendah, dia tidak sempat ngerasa rileks. Makanya jatuhnyalebih berasa.


Follow On Twitter