Kini, Komik Menjadi Media Baru Untuk Berdakwah



Kini, Komik Menjadi Media Baru Untuk Berdakwah [ www.BlogApaAja.com ]

KEMAJUAN jaman, membuat kegiatan berdakwah kini tak sesulit dengan zaman Rasulullah. Banyak cara yang dilakukan untuk mensyiarkan Islam, dan komik menjadi salah satunya.

Gambar-gambar lucu itu kini menjadi jauh bermanfaat karena dijadikan media untuk berdakwah. Tak lagi berisi tentang cerita fiksi, komik dijadikan sebagai tempat publikasi dakwah yang strategis.

Hal ini juga membawa terobosan besar untuk membumikan atau mempublikasikan hadist Nabi, sekaligus memperlihatkan makna jihad dari sudut pandang berbeda. Mengikuti kemajuan jaman, Islam juga diuntut kreatif agar ajarannya masuk hingga ke kalanga muda dengan cara yang sesuai namun tetap dijalur yang dibenarkan.

Contoh dari dakwah melalui komik yang sukses adalah komik berjudul 33 Pesan Nabi Jaga Hati, Buka Pikiran. Dimana komik ini berhasil memunculkan wajah agama yang damai dan mampu membuat pembacanya tersenyum. Meski berisi hadist-hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang sering berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Komik ini juga sukses meraih nominasi komik terbaik Anugerah Pembaca Indonesia.

Jika dilihat dari judulnya mungkin akan banyak yang berpikir jika komik ini lebih pantas untuk anak kecil, namun tidak demikian jika anda melihat isi dari komiknya. Dimana nilai yang terkandung dalam komik ini tidak semata-mata sebagai hiburan, melainkan penyampaian pesan universal dari nabi melalui sabda beliau.

Follow On Twitter